Salam laper di siang
hari. Hehehehe.. Musim ujan biasanya suhu udara sekitar jadi dingin
terus pengen cari yang anget-anget. Nah berboncengan di atas motor juga
anget lho!
GSX-R 150 berboncengan |
Intip
aja foto di atas, saat saya menjajal sepeda motor sport fairing
produksi Suzuki yaitu GSX-R 150. Kalau mengulas motor sambil riding
sendiri itu udah biasa. Review motor sambil boncengan dengan pasangan,
juga udah wajar. Nah, saya bakal cerita-cerita pengalaman pribadi saya berboncengan naik motor sport fairing nungging sama teman cowok. Asli cuma teman lho! engga lebih. Sumpah. Namanya bro Mamet.
Di
sini saya engga akan bahas teknis seperti power, konsumsi bbm,
bantingan shockbreaker, limiter RPM dan tentang mesin. Saya murni ingin
membahas rasanya boncengan naek motor dengan cowok posisi bungkuk ini. Rasanya
boncengan anget gak bon? Angetlah! Kan hawa mesin DOHC 150cc si GSXR
ini agak-agak kerasa ke kaki dan paha saya. Mungkin karena efek fairing
bagian dalam sehingga hawa panas mesin ketiup ke paha dan sekitarnya.
Tentu saja anget-anget ini kerasa pas macet (ngeles). Ya kalau boncengan sama pasangan yang beda kelamin pasti nyaman, hangat, dan merasa dicintai. Spesial gitu, ehem.. (OOT)
Yak
dimulai dari mempersilakan teman naik di jok boncengers, langsung pose
imut ala Cherrybelle. Ohya Cherrybelle sudah bubar ya? Sedih.. (SKIP)
fans CherryBelle |
Tangan
menjulur ke stang jepit underyoke alias di bawah segitiga atas langsung
kerasa bungkuknya. Tinggi badan saya 176 sentimeter, kedua kaki saya dengan aman
menjejak aspal dengan sempurna alias napak. Tapi joknya agak keras, bikin ngeri daging-daging peranti
duduk (maaf: bokong/pantat) saya panas. Tidak boleh mengeluh, kan minjem gratisan.
Lanjutt..tekan tombol
starter electric di panel stang sebelah kanan yang gambar petir dan mesin menyala dengan suara yang halus. Ohya kuncinya mana?! Panik. Eh
taunya dikantongin sama boncengers saya. Maklum motor GSX-R 150 yang saya
pakai sudah keyless alias tanpa anak kunci. Canggih.
Tarik
tuas kopling, cletek masuk gigi satu, buka gas perlahan dan ulur tuas kopling perlahan lalu jalan. Tujuan riding
berboncengan kali ini adalah sebuah gedung di pinggir Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kami (saya dan motor dan boncenger) berangkat dari daerah Tangerang Selatan. Untungnya saya riding dengan GSXR
hari Minggu siang. Jadi jalanan enggak seberapa brutal (macetnya), namun banyak janur kuning
kondangan tumbuh subur di setiap tiang listrik.
Bener-bener
agresif rasanya dan siap nantangin balapan siapa aja yang berdekatan
termasuk tiang listrik tadi, rambu-rambu, serta spanduk jualan rumah yang ngaku murah.
Perpindahan gigi di motor ini saya urut naik per 20 kilometer per jam. Gigi 1 cuman
berani sampe 20 kilometer per jam, gigi 2 sampe 40 kilometer per jam,
gigi 3 sampe 60 kilometer per jam dan seterusnya. Ga berani ngebut
karena motor pinjaman. Ditambah ada beban boncenger di belakang yang
bobotnya sekitar 55-an kilogram lebih dikit. Orangnya kurus, tapi berasa berat. aneh..
Tenaga
tersalur halus dan mengisi sejak bukaan gas diurut perlahan dan lembut.
Yang harus dibiasakan adalah saat selap selip di kemacetan. Karena kalau
yang tidak terbiasa dengan fairing dan spion lebar, pasti kagok. Terutama
saya yang biasa pakai motor bebek kalau belokin stangnya, lampu ikut belok. Nah ini
stang belok tapi fairing dan speedometernya kagak ikut belok alias tetep lurus. Tapi lama
kelamaan bakal terbiasa dan nyaman kok (coba menghibur diri). Ohya, punya motor fairing tapi kaca spion dilipat mah payah! mending pulang aja sana! belajar lagi naik motor dan ikut ujian SIM yang bener! jangan nyogok!
Lanjuut, rute
yang saya lewati adalah Pamulang, Ciputat, Pondok Indah, Gandaria,
masuk Hang Lekir, Senayan, Semanggi, Gatot Subroto. Jarak tempuh
sekitar 35 kilometer. Setibanya di Gatot Subroto boncenger yang juga
pemilik motor bertanya ke saya. Apa kabar bon? Sehat? Dengan wajah
tertawa kecil. Saya hanya tersenyum manja sambil mengusap-usap pantat
dan mengibas tangan yang pegal karena posisi riding yang nunduk ditambah
busa jok yang keras.
Ohya ada kejadian lucu
saat berboncengan dengan si GSX-R150 ini. Posisi duduk boncenger lebih
tinggi dari rider alias nungging menjulang. Jadi saat melewati jalan
dengan pohon yang rindang alias rantingnya agak rendah, bro Mamet terkadang seperti ditabok dan kemudian tersangkut di pohon wekekekekeke..
Kesimpulannya,
motor Suzuki GSX-R 150 ini tenaganya enak di putaran atas, tapi pegel
bagi saya pribadi. Entah faktor usia atau karena kurang makan,
pergelangan tangan seperti kebas, selangkangan kesemutan kayak kelamaan duduk bersila, dan daging
pantat kram seperti tebal mati rasa. Jadi kalau dicubit ga kerasa. Soal bentuk, motor ini keren,
langsing, dan aman buat rider yang tinggi badannya biasa saja alias
tidak jangkung, karena kakinya masih bisa menapak sempurna.
Kaki rider menapak sempurna, posisi duduk boncenger lebih tinggi dari rider |
Terakhir,
Suzuki GSX-R versi anak kunci baru saja dirilis. Jadi pengen
cobain juga. Mungkin rasa ridingnya beda dan engga bikin nyengir manja.
Hehehe becanda sob, posisi riding dan sebagainya ga ngaruh antara versi
keyless dan versi anak kunci. Bedanya cuma di kuncinya itu aja. Peace
(bonijaka)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar