Rabu, 14 Februari 2018

Riding Berboncengan Naik Suzuki GSX-R 150 MINJEM

Salam laper di siang hari. Hehehehe.. Musim ujan biasanya suhu udara sekitar jadi dingin terus pengen cari yang anget-anget. Nah berboncengan di atas motor juga anget lho!
GSX-R 150 berboncengan

Intip aja foto di atas, saat saya menjajal sepeda motor sport fairing produksi Suzuki yaitu GSX-R 150. Kalau mengulas motor sambil riding sendiri itu udah biasa. Review motor sambil boncengan dengan pasangan, juga udah wajar. Nah, saya bakal cerita-cerita pengalaman pribadi saya berboncengan naik motor sport fairing nungging sama teman cowok. Asli cuma teman lho! engga lebih. Sumpah. Namanya bro Mamet. 

Di sini saya engga akan bahas teknis seperti power, konsumsi bbm, bantingan shockbreaker, limiter RPM dan tentang mesin. Saya murni ingin membahas rasanya boncengan naek motor dengan cowok posisi bungkuk ini. Rasanya boncengan anget gak bon? Angetlah! Kan hawa mesin DOHC 150cc si GSXR ini agak-agak kerasa ke kaki dan paha saya. Mungkin karena efek fairing bagian dalam sehingga hawa panas mesin ketiup ke paha dan sekitarnya. Tentu saja anget-anget ini kerasa pas macet (ngeles). Ya kalau boncengan sama pasangan yang beda kelamin pasti nyaman, hangat, dan merasa dicintai. Spesial gitu, ehem.. (OOT)

Yak dimulai dari mempersilakan teman naik di jok boncengers, langsung pose imut ala Cherrybelle. Ohya Cherrybelle sudah bubar ya? Sedih.. (SKIP)
fans CherryBelle

Tangan menjulur ke stang jepit underyoke alias di bawah segitiga atas langsung kerasa bungkuknya. Tinggi badan saya 176 sentimeter, kedua kaki saya dengan aman menjejak aspal dengan sempurna alias napak. Tapi joknya agak keras, bikin ngeri daging-daging peranti duduk (maaf: bokong/pantat) saya panas. Tidak boleh mengeluh, kan minjem gratisan.   

Lanjutt..tekan tombol starter electric di panel stang sebelah kanan yang gambar petir dan mesin menyala dengan suara yang halus. Ohya kuncinya mana?! Panik. Eh taunya dikantongin sama boncengers saya. Maklum motor GSX-R 150 yang saya pakai sudah keyless alias tanpa anak kunci. Canggih. 

Tarik tuas kopling, cletek masuk gigi satu, buka gas perlahan dan ulur tuas kopling perlahan lalu jalan. Tujuan riding berboncengan kali ini adalah sebuah gedung di pinggir Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kami (saya dan motor dan boncenger) berangkat dari daerah Tangerang Selatan. Untungnya saya riding dengan GSXR hari Minggu siang. Jadi jalanan enggak seberapa brutal (macetnya), namun banyak janur kuning kondangan tumbuh subur di setiap tiang listrik.

Bener-bener agresif rasanya dan siap nantangin balapan siapa aja yang berdekatan termasuk tiang listrik tadi, rambu-rambu, serta spanduk jualan rumah yang ngaku murah. Perpindahan gigi di motor ini saya urut naik per 20 kilometer per jam. Gigi 1 cuman berani sampe 20 kilometer per jam, gigi 2 sampe 40 kilometer per jam, gigi 3 sampe 60 kilometer per jam dan seterusnya. Ga berani ngebut karena motor pinjaman. Ditambah ada beban boncenger di belakang yang bobotnya sekitar 55-an kilogram lebih dikit. Orangnya kurus, tapi berasa berat. aneh..

Tenaga tersalur halus dan mengisi sejak bukaan gas diurut perlahan dan lembut. Yang harus dibiasakan adalah saat selap selip di kemacetan. Karena kalau yang tidak terbiasa dengan fairing dan spion lebar, pasti kagok. Terutama saya yang biasa pakai motor bebek kalau belokin stangnya, lampu ikut belok. Nah ini stang belok tapi fairing dan speedometernya kagak ikut belok alias tetep lurus. Tapi lama kelamaan bakal terbiasa dan nyaman kok (coba menghibur diri). Ohya, punya motor fairing tapi kaca spion dilipat mah payah! mending pulang aja sana! belajar lagi naik motor dan ikut ujian SIM yang bener! jangan nyogok!  

Lanjuut, rute yang saya lewati adalah Pamulang, Ciputat, Pondok Indah, Gandaria, masuk Hang Lekir, Senayan, Semanggi, Gatot Subroto. Jarak tempuh sekitar 35 kilometer. Setibanya di Gatot Subroto boncenger yang juga pemilik motor bertanya ke saya. Apa kabar bon? Sehat? Dengan wajah tertawa kecil. Saya hanya tersenyum manja sambil mengusap-usap pantat dan mengibas tangan yang pegal karena posisi riding yang nunduk ditambah busa jok yang keras.

Ohya ada kejadian lucu saat berboncengan dengan si GSX-R150 ini. Posisi duduk boncenger lebih tinggi dari rider alias nungging menjulang. Jadi saat melewati jalan dengan pohon yang rindang alias rantingnya agak rendah, bro Mamet terkadang seperti ditabok dan kemudian tersangkut di pohon wekekekekeke.. 

Kesimpulannya, motor Suzuki GSX-R 150 ini tenaganya enak di putaran atas, tapi pegel bagi saya pribadi. Entah faktor usia atau karena kurang makan, pergelangan tangan seperti kebas, selangkangan kesemutan kayak kelamaan duduk bersila, dan daging pantat kram seperti tebal mati rasa. Jadi kalau dicubit ga kerasa. Soal bentuk, motor ini keren, langsing, dan aman buat rider yang tinggi badannya biasa saja alias tidak jangkung, karena kakinya masih bisa menapak sempurna. 
Kaki rider menapak sempurna, posisi duduk boncenger lebih tinggi dari rider

Terakhir, Suzuki GSX-R versi anak kunci baru saja dirilis. Jadi pengen cobain juga. Mungkin rasa ridingnya beda dan engga bikin nyengir manja. Hehehe becanda sob, posisi riding dan sebagainya ga ngaruh antara versi keyless dan versi anak kunci. Bedanya cuma di kuncinya itu aja. Peace (bonijaka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar