Senin, 12 Februari 2018

Ban Motor Ternyata Juga Bisa Hamil!

ban motor mbelendung hamil
Ibu, aku mual dan muntah-muntah, jangan-jangan aku positif hamil! DHUAAARRRR..!!! ya itu penggalan sinetron saat adegan anaknya masih SD tiba-tiba bilang gitu ke ibunya. Si ibu bakal kaget karena anaknya masih SD belum juga matang sel-sel telur untuk reproduksinya udah bilang gitu. hehe (SKIP)

Mas-mas dan embak-embak sekalian penunggang motor sebagian pernah ngalamin yang namanya ban mblendung, bunting, hamil, benjol, daging lebih, dan bermacam istilah lainnya suka-suka sih. Beruntunglah kalian, karena saya juga pernah mengalaminya beberapa kali.

Kejadian saya alami tiga kali di 2014, 2015, 2016. Berturut-turut pula *tepokjidat tetangga. Ohya sebelumnya ini bukan menjelekkan suatu produk, tapi bisa jadi cara pakai salah, kondisi aspal, dan sebagainya. Jadi ini murni sharing pengalaman saya menggunakan merek-merek ban yang beredar di pasaran Indonesia.

Di 2014, saya beli ban belakang Michelin Pilot Street ukuran 90/80 Ring 17. Saya beli di sebuah toko ban di kawasan Fatmawati, Jaksel. Lalu isi angin nitrogen 35psi. Awal dipakai enak, kemudian setelah pemakaian sekitar 5 bulan, muncul tanda-tanda retak di dinding ban dan alur ban. Kebetulan jarak rumah dan kantor saya 35 kilometer sehingga PP 70 kilometer. Itu belom ditambah ngayap dan touring luar kota.

Saya pikir mungkin karena aspal panas jadi retak-retak. Padahal setiap cuci motor, bagian ban selalu disikat tanpa disemir ban sesudahnya. Saya ga suka semir ban karena licin dan berbahaya (wajah serius). Lalu lama kelamaan jadi benjol-benjol. Engga cuma satu, banyak jo! Motor berasa geol geol di bagian belakang saat dibawa di aspal mulus dan mempesona. Akhirnya setelah ada rejeki dengan meminta uang orangtua, saya putuskan beli ban Pirelli Angel CiTy ukuran 100/80 Ring 17 buat menggantikan Michelin di velg belakang motor bebek saya New Jupiter MX 2014 berjuluk Si Blao. Ukuran velg masih standar 2.50 inch ring 17. Masih lurus putaran velgnya karena pernah dicek di bengkel ban mobil.


ban benjol Michelin

Lanjut ke Pirelli. Kayak biasa habis ganti ban saya isi nitrogen 35Psi dan rasanya enak keset dan empuk kayak dunkin donat baru diangetin. Saya lantas merasa bahagia dan puas. Namun kebahagiaan itu sirna setelah 7 bulan pemakaian tepatnya setelah touring dari Yogyakarta. Ban kembali retak-retak dan benjol-benjol sesuka hati. Saya pun sedih lalu pergi ke pojokan kamar dan merenungi nasib ban motor saya yang kembali benjol. Ohya ban depan saya juga benjol. Untuk karet bundar depan motor saya pakai Aspira Premio Sportivo ukuran 70/80 Ring 17. Jadilah kesedihan saya bertambah.

Saya sempat konsul dengan mekanik bengkel, tukang tambal ban, teman sepermainan, bikers, tukang gorengan, dan lain-lain. Bermacam informasi saya dapat. Saking banyaknya, saya sampai bingung. Mulai dari yang bilang velg speleng alias ga lurus, laher atau bearing roda belakang udah ga center, salah setel rantai, cara bawa gas rem yang salah, isi angin nitrogen, shock belakang udah ga main, beban boncengan terlalu berat, sering ngerem sampe sliding, ukuran ban ga sesuai sama velg, dan sebagainya. Hmm bingung. Mungkin nanti mas dan embak yang baca blog ini bisa nambahin di kolom komentar.

Akhirnya saya kembali memutuskan mengganti ban belakang motor saya yang Pirelli dengan ban merek lain yaitu Maxxis 3D Diamond ukuran 100/70 ring 17. Nah kali ini saya engga ngisi nitrogen, tapi dengan angin biasa. Ya kalau di SPBU Shell itu ada angin gratisan. Nah di situ saya rajin isi dengan ukuran tekanan angin ban yang sama seperti saat pakai nitrogen yaitu ban belakang 35psi dan depan 32psi.

Ban Maxxis sudah saya pakai 4 bulan sejak beli Oktober 2017. Begitu pula ban depan saya pakai Duro ukuran 80/70 Ring 17 untuk menggantikan Aspira Premio yang benjol dengan indahnya. Ya kita lihat saja semoga engga sampe benjol lagi dengan menggunakan angin biasa dan rutin mengecek tekanan angin ban minimal seminggu sekali.
Maxxis dengan angin biasa ukuran 100/70 R17 di Velg 2.50 inci

Ohya untuk review Maxxis (belakang) dan Duro (depan) mengenai impresi pemakaian awal dan bentuk alur bannya bakal menyusul. Karena baru 4 bulan pakai dan belum ada gejala retak dan benjol. Maxxis ini saya isi angin biasa, bukan nitrogen, begitu pula dengan ban depan Duro. Maxxis setahu saya ban asal Malaysia. Lalu ban depan Duro saya itu asalnya dari Thailand. Peace (bonijenaka)

4 komentar:

  1. pirely sma pilot street rasa berkndaranya empuk mna?karetnya spft yg mna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Michelin Pilot Street lebih empuk dan soft. Jadi lebih cepat habis ketimbang Pirelli

      Hapus
  2. Hasilnya pakai maxxis bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya pribadi yang dirasakan adalah enak buat jalan basah dan kering. terutama harganya lebih murah jadi aman di kantong. komponnya medium. caranya mengetahuinya, saya coba tancapkan kuku jempol di alur ban, cap kuku jempol saya membekas dan lama ilangnya.

      Hapus