Kamis, 08 Maret 2018

Selamat Hari Perempuan Internasional Yah Mbak..

Mbaksis.. pertama-tama saya mau ngucapin selamat Hari Perempuan Internasional 2018. Peringatan ini kalau saya cari di Google dirayakan setiap tahun di tanggal 8 Maret. Masbro dan Mbaksis baru tahu ada peringatan ini? sama! Maklum nilai sejarah dulu pas masih sekolah saya selalu maksimal di angka 7. Itu pun sudah menghafal pelajaran sejarah semalaman sampai kepala panas, mata berair, hidung kembang kempis, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sakit perut. Minum Adem Sari! Lho? hehehe SKIP

Hari Perempuan Internasional ini memiliki sejarah panjang. Bisa dicari di Wikipedia. Hehe dasar saya pemalas! Perempuan adalah ciptaan Tuhan yang indah. Pantas saja Laki-Laki engga ada yang bernama Indah. Kecuali ditambahin akhiran -wan atau awalan Mas. Jadi Indahwan atau Mas Indah. (sok tahu mode: on).

Kalau engga ada perempuan, engga ada kelembutan dan kesejukan di dunia. Sebab perempuan diciptakan untuk menjadi pendamping laki-laki yang sepadan dalam hal pekerjaan dan di jalan raya. Naah..

gambar dari google

Saya sangat mengapresiasi kaum perempuan yang berkendara motor dengan tertib lalu lintas dan lengkap. Lengkap maksudnya dalam hal safety helm, sarung tangan, masker, sepatu, dan surat-surat diri serta kendaraannya. Jadi terlihat mandiri, kuat, dan tangguh. Mungkin kaum cewek suka engga sadar kalau riding gear atau perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, masker, sepatu tertutup, dan celana panjang itu adalah paling bikin aman dan nyaman saat menunggang maupun jadi boncenger.

Kenapa? Mari kita bahas satu-satu. Mulai dari helm yang bervisor atau kaca. Fungsinya banyak banget lho mbaksis.. melindungi kepala dari benturan, dari panas matahari kalau riding siang, melindungi kepala dari dinginnya angin malam, dan menjaga rambut mbaksis tetap bersih dari debu, dan kaca menghindari mata kelilipan. Pilihan helm bisa full face atau half face.




Kedua adalah jaket dan sarung tangan. Jaket bisa melindungi badan mbaksis dari terpaan angin, asap solar, dan melindungi kulit dari sengatan matahari. Jadi itu kulit lengan terutama, engga sampai belang kayak tapir. Mau wajah manis putih berseri tapi tangannya belang menghitam doff kayak warna mobil Robocop? iih eike sih engga mau cyiiin.. Eh..! Sarung tangan pun juga sama, melindungi punggung tangan dari sengatan matahari sehingga engga belang hitam putih seperti pantat nyamuk. Dan sarung tangan juga berfungsi melindungi tangan dari gesekan. Telapak tangan yang suka keringetan juga bakal diserap bagian dalam sarung tangan. Sehingga tidak licin saat memelintir handle gas motor.

gambar dari google
Ketiga adalah sepatu tertutup. Fungsinya tentu melindungi kaki dan jari-jarinya dari bahaya semisal tersenggol atau terantuk trotoar. Di sini sepatu yang baik digunakan saat riding adalah yang tertutup hingga punggung kaki dan mata kaki serta memakai kaos kaki. Kenapa kaos kaki? sama seperti sarung tangan tadi, agar kulit kaki mbaksis tidak belang. Ohya kalau bisa jangan menggunakan hak tinggi. Soalnya kalau pas jalanan tanah atau pas di bagian saluran air atau bekas galian, itu hak nya bisa nancep dan jadi membahayakan diri sendiri serta orang laen. Jadi mending sepatu yang aman semisal boot tanpa hak tinggi, atau sneakers.

Keempat adalah masker. Ini fungsinya lebih ke kesehatan dan penyamaran agar nampak misterius. Hehe.. debu jalanan bisa disaring dengan masker. Meski engga 100 persen tersaring, tapi mengurangi dan melindungi organ pernapasan kita agar selalu fit. Mau menghirup langsung asap hitam mesin diesel dan asap motor 2tak? enggak kan? mendingan disaring dengan masker. Tapi engga berarti setelah pakai masker lalu menempelkan hidung di lubang knalpot metro mini dan motor 2tak lho! aneh itu namanya.

riding dengan dress. Sumber gambar: google
Kelima soal pemilihan celana. Ini penting, karena ada cewek yang membawa motor sendiri atau dibonceng dengan pakai kain yang panjang menjuntai ke ban motor. Ini jelas bahaya! kalau nyangkut di velg gimana? ngeri bayanginnya. Lebih enak makan kue donat kan? Coba deh tanya tetangga, enak mana antara kain nyangkut di velg atau rantai motor sama makan kue donat? Pasti enakan tidur pas lagi hujan deh. HEhehehe makin absurd. Sama satu lagi nih, cewek yang dibonceng memakai kain panjang lalu kainnya menutupi lampu rem motor. Wah itu bikin kita nebak-nebak kapan itu motor ngerem atau mau belok.

Jadi, kira-kira gitu sih pendapat saya buat para kaum cewek yang sehari-harinya mengendarai sepeda motor atau pun jadi boncenger. Semoga bisa diterima.. hehehe peace lah ya (bonijaka)






  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar